HUKUM BERDOA SETELAH SHOLAT FARDHU

0
145

Maaf,  kami mau tanya… Bolehkah berdoa sesudah sholat fardu? Terima kasih atas berkenannya  menjawab…

Jawab:

Pada asalnya yang disyariatkan setelah sholat fardhu adalah berdzikir sebagaimana disebutkan dalam banyak hadits shahih. Misalnya membaca dzikir “Astagfirullah, astagfirullah, astagfirullah. Allahumma antas salam wa minkas salam tabarokta yaa dzal jalali wal ikrom….” (HR. Muslim 591). Demikian pula membaca tasbih, tahmid dan takbir 33 kali dan digenapkan 100 dengan “la ilaha illallah wahdahu la syarikalah…dst” (HR. Muslim 597) dan juga dzikir yang lainnya.

Adapun untuk doa, disyariatkan banyak dibaca dalam sholat. Terutama dibaca ketika sujud dan juga di akhir sholat, yaitu setelah tasyahud akhir sebelum salam atau yang dikenal dengan dhubur sholat (ujung sholat). Ada beberapa riwayat dari Nabi terkait doa di penghujung sholat, diantaranya hadits Muadz bin Jabbal bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berwasiat padanya,

لاَ تَدَعَنَّ فِى دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ تَقُولُ اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

“Janganlah engkau tinggalkan untuk berdo’a setiap dubur shalat (akhir shalat): Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatik. [Ya Allah, tolonglah aku untuk berdzikir pada-Mu, bersyukur pada-Mu, dan memperbagus ibadah pada-Mu].” (HR. An Nasa’i No. 1286, Abu Daud no. 1301. Sanad hadits ini shohih)

Lalu bolehkan berdoa setelah sholat fardhu? Allahu a’lam, yang saya fahami tidak mengapa asalkan tidak mengkhususkan doa-doa tertentu yang tidak ada dalilnya. Termasuk juga tidak perlu dilakukan dengan berjamaah karena tidak ada dalilnya akan hal tersebut.

Doa disyariatkan kapanpun. Tidak ada larangan berdoa setelah sholat fardhu. Apalagi berdasarkan penafsiran ulama terkait firman Allah ta’ala dalam surat Al Insyirah ayat 7:  فَاِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْۙ “Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakan urusan yang lain”, sebagian ulama menafsirkan “Apabila selesai sholat maka berdo’alah.” Allahu A’lam. (Dr. Abu Zakariya Sutrisno)

📲 Tanya Jawab Group WA Hubbul Khoir (085771226506)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here