Pendirian Pesantren Masyarakat Hubbul Khoir

Semangat mengajak mencintai kebaikan (حب الخير) itulah yg memotivasi mendirikan pesantren masyarakat ini. Maukah Anda dukung kami?

TPA dan Diniyah

Anak-anak dan remaja perlu mendapat pembinaan yang serius terutama dari sisi agama dan akhlaq. Diharapkan mereka akan menjadi generasi penerus yang bermanfaat untuk agama, bangsa dan NKRI.

Dukuh Ngentak – Sukoharjo

Ngentak dengan background gunung Merapi & Merbabu yang gagah. Meskipun belum terlalu maju, nuansa kampungnya masih asri dan dikelilingi persawahan. Letaknya tidak jauh dari Sungai Bengawan Solo yang terkenal.

Dukung Kami

Dibutuhkan dana sekitar Rp. 400.000.000 (empat ratus juta Rupiah) untuk pendirian Pesantren Masyarakat Hubbul Khoir. Info detail: https://hubbulkhoir.com/donasi

Pesantren masyarakat adalah pesantren yang mana fokus utama kegiatannya adalah mendidik, membina, dan mendakwahi masyarakat. Pesantren masyarakat menyatu dengan masyarakat atau dalam bahasa sederhana “santrinya” adalah masyarakat. Pesantren Masyarakat Hubbul Khoir akan fokus melakukan pembinaan masyarakat di kabupaten Sukoharjo secara umum dan secara khusus di dukuh Ngentak, kelurahan Bulakrejo yang berada di kecamatan Sukoharjo.  Media (baik cetak, digital, maupun online) juga akan menjadi perhatian kami agar manfaat bisa dirasakan ke seluruh Indonesia.

Program atau Kegiatan: 

  1. Mengelola jaringan TPA untuk membina anak-anak agar dapat baca-tulis al Qur’an serta penanaman nilai-nilai dasar akidah, akhlaq dan keislaman. Diharapkan mereka akan menjadi generasi penerus yang bermanfaat untuk agama, bangsa dan NKRI. Dimulai dari TPA di Masjid Al Fatihah di dukuh Ngentak, Bulakrejo dan TPA-TPA yang lainnya.
  2. Menyelenggarakan Diniyah Hubbul Khoir untuk membina remaja dan pelajar. Pembinaan berupa kelas baca dan tahsin Al Qur’an, bahasa Arab, wawasan keislaman, dan diselingi pula pelatihan keterampilan dan skill tertentu yang bermanfaat.
  3. Mengelola Majelis Ta’lim Hubbul Khoir yang dimaksudkan untuk menggencarkan dakwah dan kajian-kajian keislaman. Kajian bentuknya akan bervariasi mulai dari kajian rutin, kajian bulanan (tempat bisa pindah-pindah) maupun kajian akbar. Sifatnya juga bisa klasikal maupun tematik. Kita juga akan merintis gerakan berantas buta baca Al Qur’an agar masyarakat minimal bisa baca al Qur’an dan kemudian memahami dan mengamalkannya.
  4. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat secara umum seperti pelatihan dan pembinaan kewirausahaan, pelatihan penguasaan terhadap teknologi informasi (IT), dan pelatihan keterampilan atau skill yang lainnya. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat yang mana akhirnya diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup mereka.
  5. Pembinaan khusus untuk para takmir masjid, da’i, kader dakwah, serta aktifis kemasyarakatan lainnya.
  6. Mendirikan pusat dakwah dan pembinaan masyarakat di dukuh Ngentak, Bulakrejo, Sukoharjo, Sukoharjo. Kami juga berencana mendirikan Masjid Hubbul Khoir di Dukuh Juron, Mertan, Bendosari, Sukoharjo (rencana tanah wakaf keluarga Ust Abu Zakariya Sutrisno).
  7. Pengelolaan media yang meliputi: website dakwah (www.ukhuwahislamiah.com dan www.hubbulkhoir.com), media sosial (FB, Instagram, group WA, dll), media cetak (buku, makalah, bulletin dakwah), poster dakwah (baik cetak maupun digital), rekaman baik audio maupun video yang berisi kajian dan nasehat-nasehat islami.
  8. Pengelolaan ZIS (Zakat Infaq Sedekah), termasuk juga donasi dakwah, sosial, wakaf dan lainnya.
  9. Kegiatan yang sifatnya isidental: Program Ramadhan, Program Qurban, pelatihan dan kegiatan di musim liburan sekolah, dll

Beberapa program diatas telah dirintis dan berjalan sampai saat ini. Hanya saja rencana berjalan secara efektif kegiatan pesantren dan yayasan akan dimulai sekitar pertengahan 2018 insyaallah.  Kegiatan untuk sementara akan dipusatkan di masjid Al Fatihah dan rumah pengasuh di Dukuh Ngentak. Untuk pembangunan akan disesuaikan dengan ketersediaan dana.

[Update terakhir: 14 September 2017]