Pendirian Pesantren Masyarakat Hubbul Khoir

Semangat mengajak mencintai kebaikan (حب الخير) itulah yg memotivasi mendirikan pesantren masyarakat ini. Maukah Anda dukung kami?

TPA dan Diniyah

Anak-anak dan remaja perlu mendapat pembinaan yang serius terutama dari sisi agama dan akhlaq. Diharapkan mereka akan menjadi generasi penerus yang bermanfaat untuk agama, bangsa dan NKRI.

Dukuh Ngentak – Sukoharjo

Ngentak dengan background gunung Merapi & Merbabu yang gagah. Meskipun belum terlalu maju, nuansa kampungnya masih asri dan dikelilingi persawahan. Letaknya tidak jauh dari Sungai Bengawan Solo yang terkenal.

Dukung Kami

Dibutuhkan dana sekitar Rp. 400.000.000 (empat ratus juta Rupiah) untuk pendirian Pesantren Masyarakat Hubbul Khoir. Info detail: https://hubbulkhoir.com/donasi

Pesantren Masyarakat Hubbul Khoir

Lokasi: Kabupaten Sukoharjo (Solo), Jawa Tengah.

Bismillah

Pendahuluan

Sukoharjo adalah sebuah kabupaten kecil di selatan Kota Solo, Jawa Tengah. Penduduknya mayoritas muslim, 95% dari total sekitar 900 ribu jiwa (Badan Pusat Statistik Sukoharjo, 2015). Sebenarnya jumlah masjid, pesantren dan lembaga pendidikan berbasis Islam cukup banyak. Namun disayangkan, mayoritas masyarakat masih minim pengetahuan tentang agama. Hal-hal dasar yang berkaitan dengan tauhid, akidah, akhlak, dan ibadah banyak yang belum difahami dan diamalkan dengan baik. Bahkan banyak yang belum bisa sama sekali baca al Qur’an, banyak juga yang belum mau sholat, apalagi sholat dengan tatacara yang benar! Ditambah lagi minimnya semangat amar ma’ruf nahi mungkar ditengah masyarakat. Ini sungguh memprihatinkan. Ini menunjukkan lembaga pendidikan dan dakwah yang ada belum secara maksimal menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Tingkat kemampuan ekonomi yang terbatas (mayoritas penduduk Sukoharjo adalah petani dan banyak yang merantau) dan taraf pendidikan yang rata-rata masih rendah seringkali mendatangkan permasalahan tersendiri. Kondisi anak-anak dan remaja juga perlu mendapatkan catatan yang serius. Merebaknya kenakalan remaja, pergaulan bebas, minuman keras, narkoba dan lainnya perlu diwaspadai. Disisi lain, banyak keluarga yang belum mampu mensekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, memasukan pesantren atau memberikan pembinaan yang mencukupi di dalam keluarga. Dakwah dan juga pembinaan masyarakat perlu mendapat perhatian yang serius.

Hal-hal ini mendorong untuk didirikannya Pesantren Masyarakat Hubbul Khoir yang dinaungi yayasan dengan nama yang sama, yaitu Yayasan Hubbul Khoir di Kabupaten Sukoharjo. Secara bahasa, kata hubbul khoir (حب الخير) memiliki makna cinta kebaikan. Semangat untuk mengajak mencintai kebaikan dan memberikan kontribusi yang terbaik bagi masyarakat, baik urusan dunia maupun akhirat, itulah yang menjadi motivasi utama untuk mengembangkan pesantren dan yayasan ini.  Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfat bagi manusia” (HR. Thabraniy dan dihasankan oleh Albani).

 

Gambaran Umum

Sesuai dengan namanya, pesantren ini adalah pesantren yang spesial yaitu pesantren masyarakat. Apa itu pesantren masyarakat? Pesantren masyarakat adalah pesantren yang mana fokus utama kegiatannya adalah mendidik, membina, dan mendakwahi masyarakat. Jadi tidak seperti pesantren konvensional  yang umumnya sebatas mendidik santri di internal lingkungan pesantren dan kebanyakan santrinya diasramakan. Pesantren masyarakat menyatu dengan masyarakat atau dalam bahasa sederhana “santrinya” adalah masyarakat. Seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, kalangan dewasa (baik laki-laki maupun perempuan) perlu mendapatkan pembinaan yang sesuai dan serius. Bentuk pembinaan dan strategi pendekatan harus disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan masyarakat.

Pesantren Masyarakat Hubbul Khoir akan fokus melakukan pembinaan masyarakat di kabupaten Sukoharjo secara umum dan secara khusus di dukuh Ngentak, kelurahan Bulakrejo yang berada di kecamatan Sukoharjo.  Bentuk pembinaan diantaranya meliputi pengelolaan TPA untuk anak-anak, diniyah dan pelatihan-pelatihan menarik untuk remaja dan pelajar, majelis ta’lim untuk dewasa (laki-laki dan perempuan), serta latihan kewirausahaan, IT, dan yang lainnya untuk masyarakat secara umum. Kita juga akan melakukan pembinaan khusus untuk takmir-takmir masjid, da’i, kader dakwah, serta aktifis kemasyarakatan.   Media (baik cetak, digital, maupun online) juga akan menjadi perhatian kami agar manfaat bisa dirasakan ke seluruh Indonesia.

 

Siapa dan apa tujuan kami?

Pesantren Masyarakat dan Yayasan Hubbul Khoir besifat mandiri, independen, tidak berafiliasi dengan partai politik maupun golongan tertentu. Tujuan utama kami ingin menginspirasi masyarakat seluas-luasnya agar lebih mencintai kebaikan (hubbul khoir) dan kembali kepada ajaran agama yang benar berlandaskan Al Qur’an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih.  Pesantren dan yayasan akan dikembangkan secara professional, transparan dan bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat, lembaga lain, maupun instansi pemerintahan untuk mendatangkan manfaat yang lebih luas pada masyarakat.

Pesantren ini digerakkan oleh sekumpulan pemuda dan penggiat dakwah yang berusaha memberikan kontribusi nyata dan yang terbaik untuk masyarakat. Semangat untuk menyebarkan kebaikan adalah ruh perjuangan utama pengurus untuk mengembangkan pesantren. Hampir keseluruhannya adalah asli putra daerah Sukoharjo dengan berbagai latar belakang pendidikan dan pengalaman yang berbeda. Pengasuh dan pimpinan umum pesantren adalah ustadz Abu Zakariya Sutrisno, MSc. Beliau saat ini adalah kandidat Doktor sekaligus peneliti di King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Beliau juga belajar kepada beberapa ulama’ diantaranya Syaikh Dr. Saleh Fauzan dan Dr Sa’ad Syistry. Selain itu beliau juga mengajar di salah satu majelis taklim di Riyadh dan aktif di beberapa organisasi dakwah dan lainnya.

Detail program kerja dan kegiatan: https://hubbulkhoir.com/kegiatan/

Donasi: https://hubbulkhoir.com/donasi/

Alamat lengkap:
Dukuh Ngentak, Kelurahan Bulakrejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo (Solo), Jawa Tengah, 57522.

Letak Dukuh Ngentak tidak terlalu jauh dari Sungai Bengawan Solo yang begitu terkenal. Meskipun belum begitu maju, nuansa kampungnya masih begitu asri dan dikelilingi persawahan. Ada sungai kecil juga yang membelah tepat di tengah kampung sehingga menambah nyamannya suasana. Letaknya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota (baik ke Kota Solo maupun ke pusat kota Sukoharjo).

Peta: https://goo.gl/maps/1v8U35kSmW72

Informasi lebih lanjut: 085959413510 (SMS) atau +966541072469 (SMS/WA), bisa juga kirim pesan lewat kontak kami di website ini atau Email: pesantrenhubbulkhoir@gmail.com

[Update terakhir: 14 September 2017]